Teknik - Teknik Dasar Untuk Pemula Yang ingin Menguasai CorelDRAW !


Assalamaualikum guys, apa kabar? Selalu semangat dan semoga kita selalu diberikan kemudahan rezeki oleh allah swt, amin. Masih gak jauh dari tema kita gays, kali ini saya bakal share artikel ringan untuk kalian semua para pemula yang ingin belajar dalam menggunakan aplikasi CorelDraw, bagi kalian yang belum tau apa itu CorelDRAW ?, CorelDRAW  adalah sebuah program aplikasi komputer yang dirancang khusus untuk keperluan desain terutama untuk editor grafik vektor. Dikembangkan oleh peusahaan perangkat lunak yang bernama Corel yang bermakas di Ottawa, Kanada. CorelDRAW diciptakan untuk memenuhi kebutuhan pengolahan gambar, aplikasi ini banyak digunakan pada pekejaan dibidang percetakan ataupun publikasi dan perkerjaan lain yang terkait dalam dunia visualisasi.

CorelDRAW Sudah memiliki banyak sekali versi dari versi 1.0 yang di rilis pertama kali pada Januari 1989 sampai ke CorelDRAW X5, CorelDRAW X6 , CorelDRAW X7, CorelDRAW X8, Sampai yang terbaru yaitu CorelDRAW Graphics Suite 2018. aplikasi CorelDRAW sudah menjadi bagian yang tak tergantingan dalam dunia desain dan seni digital. buat kalian yang mau belajar banyak tentang CorelDRAW, ini berikut adalah 9
teknik dasar dalam menguasai CorelDRAW untuk pemula.

1. Drawing Tool
Drawing tool ini terdiri dari beberapa tool yang bisa kamu pilih untuk menggambar, menyeleksi objek dan membuat sesuatu objek. Beberapa drawing tool terdiri dari; Freehand, Bezier, Pen, B-Spline, dan Polyline. Dari beberapa drawing tool tersebut, tool yang paling banyak digunakan desainer grafis adalah Freehand, Bezier dan Pen Tool.
Ketika ditanya bagaimana cara menggunakan tool tersebut? Sebagaian besar mereka mengatakan “bisa karena sering menggunakan”. Jadi bagi kalian yang ingin jago menggambar, sering-sering lah berlatih dengan drawing tool yang sudah kami sebutkan tersebut.



2. Menambahkan objek
Untuk menambahkan objek di CorelDRAW, kita bisa menggunakan tool Rectangle [membuat objek persegi atau persegi panjang], Ellipse [membuat objek bulat], Polygon, Star, Basic Shapes, Arrow Shapes, Flowchart Shapes, Banner Shapes dan Callout Shapes.



3. Modifikasi objek
Setelah menambahkan objek, kamu bisa memodifikasi atau merubah bentuknya sesuai yang kamu mau dengan Shape Tool. Tool ini digunakan untuk menambahkan dan menghapus node[s], sebuah titik kecil yang hanya bisa terlihat ketika Shape Tool diaktifkan.



4. Menambahkan teks atau tulisan
Cara menambahkan tulisan di CorelDRAW sangat mudah. Kita tinggal memilih Text Tool kemudian klik di lembar kerja yang sudah dibuat. Ketikkan tulisan apasaja yang kalian mau. Cara menambahkan tulisan di CorelDRAW ada dua cara; 1] pertama kamu klik satu kali di lembar kerja, kemudian ketikkan sebuah tulisan. 2] kedua, kamu klik dan drag di area lembar kerja dan ketikkan sebuah tulisan atau kalimat.
Apa yang membedakan langkah 1 dan 2? Pada langkah nomor 2, kita bisa menambahkan tulisan di dalam area yang sudah dibuat. Bentuknya sesuai yang kita buat, bisa kotak persegi atau kotak memanjang.



5. Bermain outline
Outline atau garis pinggir bisa kita tambahkan di; semua objek yang kita buat di CorelDRAW, pada gambar dan tulisan. Untuk memodifikasi objek, kita bisa mengaktifkan fitur Object Properties dengan cara menekan Alt + Enter atau klik kanan pilih Object Properties.
Di sini kita bisa mengatur ketebalan dan warna outline sesuai yang kita mau. Selain itu kita juga bisa memilih jenis outline nya, mau yang garis lurus, garis putus-putus kayak percintaan atau garis titik kecil-kecil dan masih banyak model lainnya.



6. PowerClip
PowerClip adalah efek memasukkan gambar ke dalam objek utuh. Atau memasukkan gambar ke dalam tulisan atau bisa juga memasukkan objek ke dalam objek atau tulisan ke dalam tulisan atau objek ke dalam tulisan atau tulisan ke dalam objek.
Semua objek termasuk gambar, bisa dimasukkan ke dalam objek utuh da tulisan dengan PowerClip. Tapi kita tidak bisa memasukkan objek ke dalam gambar.
Sebagai contoh kita akan memasukkan gambar ke dalam tulisan. Bikin sebuah tulisan dan masukkan gambar atau foto. Klik pada foto tersebut dan pilih menu Effects – PowerClip dan klik pada tulisan yang kita buat tadi. Secara otomatis gambar atau foto akan masuk ke dalam tulisan.


7. Transparansi
Untuk membuat objek, tulisan atau gambar menjadi transparan, kita menggunakan Transparency. Tool ini digunakan untuk memberikan efek transparansi pada objek yang dipilih.
Tingkat transparansi bisa kita atu sendiri, mau yang transparan tetapi masih terlihat jelas atau transparan dan terlihat samar-samar. Selain tingkat transparansinya, kita juga bisa memilih model atau jenis transparansi seperti; transparan dari samping, transparan semua, transparan di tengah dan model transparan lainnya.


8. Gradasi warna
Dalam proses belajar CorelDRAW, ada baiknya kita tahu dasar-dasar dalam pembuatan gradasi warna. Karena secara garis besar, desain terlihat cantik dengan permainan warna.
Untuk membuat gradasi warna di CorelDRAW, kita bisa menggunakan Fountain Fill dan Interactive Fill. Kedua tool ini mempunyai fungsi yang hampir sama, yakni untuk membuat gradasi warna.
Gradasi warna yang kita buat bisa lebih dari 2, 3, 4, 5 bahkan bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.



9. Menggandakan objek
Untuk menggandakan objek, kita bisa menggunakan beberapa cara yakni; dengan Blend Tool, dengan Ctrl + R atau dengan Ctrl + D.
Tapi kalau kamu pingin lebih mudah, bisa menggunakan Blend. Caranya tinggal bikin dua buah objek dan letakkan saling berjauhan. Kemudian pilih Blend Tool, klik di objek pertama dan drag ke objek yang kedua. Secara otomatis objek akan tergandakan. Kita juga bisa mengatur jarak dan berapa hasil objek yang kita gandakan.


Oke mungkin itu saja beberapa teknik dasar untuk kalian yang ingin belajar menggunakan aplikasi CorelDraw, oke guys itu saja yang bisa kita share untuk artikel kali ini semoga bermanfaat dan terimakasih. SALAM

1 komentar:

  1. Teknik - Teknik Dasar Untuk Pemula Yang Ingin Menguasai Coreldraw ! ~ Xmedia Tutorial - Brother Production >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Teknik - Teknik Dasar Untuk Pemula Yang Ingin Menguasai Coreldraw ! ~ Xmedia Tutorial - Brother Production >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Teknik - Teknik Dasar Untuk Pemula Yang Ingin Menguasai Coreldraw ! ~ Xmedia Tutorial - Brother Production >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    BalasHapus

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com